Delicious LinkedIn Facebook Twitter RSS Feed

To Do List Setelah Punya Blog Baru

Tulisan ini berisi tentang hal yang perlu Anda lakukan setelah membuat sebuah blog di blogger. Bukan berarti dengan tulisan ini saya lebih tahu dari Anda. Saya tetaplah seorang newbie. Jadi tulisan ini dari newbie, oleh newbie, dan untuk newbie. Ini dia to do list bagi Anda...

  1. Pilihlah template yang sesuai dengan "kepribadian" dan tujuan blog Anda. Kalau blognya berisi tentang berita ada baiknya memakai template bertema magazine. Kalau blog yang menulis curhat dan diary, carilah template yang berwarna-warni, berbunga, header yang besar, unik, dan personal. Kalau tema blognya serius, maka carilah template yang serius. Dan ada banyak template gratis di internet, dan salah satu gudang favorit saya adalah blogger templates. Disana terdapat ratusan template gratis yang telah dikelompokkan dengan baik.
  2. Buat menu Read More. Jika kita menggunakan Wordpress, fungsi read more sudah beres dari sononya. Tapi pada Blogger, kita harus sedikit mengerutkan kening untuk membuat fungsi read more. Tapi nggak perlu bingung, sekarang ada beberapa panduan buat newbie yang bisa dipakai untuk meringkas postingannya dengan fungsi read more. Ada beberapa sumber yang bisa dijadikan bahan belajar antara lain eblogtemplates dan techknowl. Keduanya sudah saya ujicobakan dan berhasik dengan sempurna.

    Namun jika Anda menemui kendala dengan bahasa, maka sebaiknya Anda berkunjung ke blognya Agus Ramadhani. Selain menyediakan fungsi read more manual, dia juga menyediakan panduan untuk memasang read more otomatis.
  3. Pasang widget komentar terkini atau recent comments. Ini penting, sebagai upaya untuk menghargai komentar pengunjung dengan menampilkannya di homepage. Dan katanya, kadang orang komentari postingan kita karena cuma pengen komentarnya muncul di homepage blog, dan tentunya agar kita balik komen di blognya dia. Dan cara gampang untuk pasang widget ini adalah di blogger-templates. Akan tetapi berdasar pengalaman saya, widget ini sering ngadat. Tapi, sekali lagi jangan khawatir, masih ada panduan dari Amanda yang dijamin nggak bakal ngadat, tapi Anda harus sedikit mengerutkan dahi memasang hack ini.
Sementara itu dulu yang bisa saya bagi. Untuk penjelasan lebih lanjut, mungkin saya akan menuliskanya dalam posting lain atau berupa update pada posting ini. Jika ada masalah silahkan tulis dikomentar atau tanya langsung sama yang bikin tutorial (sudah ada di link). Semua hal di atas sudah saya coba sendiri dan berhasil, semoga Andapun demikian.

0 komentar:

Posting Komentar